Persiapan Melahirkan Anak Kembar Yang Jarang Orang Tahu

Persiapan Melahirkan Anak Kembar tentunya berbeda dengan persiapan melahirkan satu anak. Mulai dari masa kandungan, sampai pengasuhan pun berbeda.

Oleh sebab itu, orang tua yang di karuniai anak kembar perlu lebih ekstra dalam mempersiapkan datangnya sang buah hati. Berikut ini 4 persiapan melahirkan anak kembar.

1. Ketidaksamaan Persalinan Bayi Kembar Dengan Satu Bayi

Persiapan Melahirkan Anak Kembar

Bayi kembar dapat lahir pas waktu sama dengan kehamilan dengan satu bayi, akan tetapi biasanya dokter akan merekomendasikan persalinan lewat induksi persalinan atau operasi caesar, pada minggu 38 – 39 kehamilan.

Semakin banyak jumlahnya bayi yang dikandung, resiko mereka lahir prematur makin tinggi. Oleh karena itu, bayi kembar Anda kemungkinan dikasih suntikan kortikosteroid untuk percepat perubahan paru-paru mereka.

Proses persalinan ikut lebih kemungkinan lewat operasi caesar. Pada umumnya masalah, bila kepala bayi ada dibawah, bayi pertama bisa dikeluarkan lewat cara normal, akan tetapi dibutuhkan operasi caesar untuk keluarkan bayi ke-2. Sesaat untuk bayi kembar tiga ke atas, hampir tiap-tiap persalinan dikerjakan dengan caesar.

2. Bagaimana Resiko Memiliki Kandungan Bayi Kembar

Dengan skema makan serta style tidak mati sehat, resiko komplikasi pada wanita yang hamil bayi kembar sebetulnya tidak tambah tinggi dibanding mereka yang hamil normal. Meskipun begitu, tetap harus ada peluang berlangsung komplikasi, misalnya:

Kandungan human chorionic gonadotropin (hCG) di waktu kehamilan tambah tinggi pada wanita dengan bayi kembar. Keadaan ini mengakibatkan peluang morning sickness atau mual serta muntah jadi lebih rasanya.

Resiko keguguran tambah tinggi pada ibu dengan bayi kembar terpenting yang alami pendarahan kecil di awalnya waktu kehamilan.

Bertambahnya berat tubuh pada wanita yang hamil kembar pasti tambah tinggi dibanding yang hamil dengan satu bayi. Bertambahnya berat tubuh rata-rata pada ibu hamil dengan satu janin ialah seputar 11 kg, sesaat pada janin kembar ialah 13-15 kg.

Berat bayi lebih beresiko mendesak pembuluh darah pada ruang panggul, hingga ibu hamil kembar condong alami wasir serta varises.

  • Desakan pada lambung beresiko mengakibatkan perut kembung serta ngilu ulu hati.
  • Lebih beresiko alami ngilu panggul serta ngilu punggung sebab beban semakin besar.
  • Ibu dengan yang hamil dengan bayi kembar lebih beresiko alami desakan darah tinggi di waktu kehamilan.
  • Transfusi antar-bayi kembar. Pada bayi kembar yang share pembuluh darah dalam plasenta beresiko alami pembagian darah yang tidak seimbang. Satu bayi dapat mendapatkan darah terlalu berlebih serta satu kembali kekurangan. Keadaan ini bisa mengakibatkan komplikasi serius pada ke-2 bayi serta umumnya diatasi dengan kelahiran lebih awal.

3. Apakah Persiapan Menjaga Bayi Kembar?

Mengatasi dua bayi sekaligus juga membutuhkan tenaga serta potensi tambahan juga. Di bawah ini ialah banyak hal yang pantas dikasih perhatian semakin banyak.

A. Olahraga

Resiko masalah kesehatan yang tambah tinggi pada wanita yang hamil kembar membuat ibu yang memiliki kandungan dua janin atau lebih butuh olahraga dengan teratur saat hamil, seperti senam Kegel untuk memperkuat otot panggul.

B. Mencari Pertolongan

Pikirkan untuk minta pertolongan kerabat atau memakai layanan pengasuh untuk menolong Anda mengasuh si Kembar sesudah lahir.

Menyusui serta menjaga dua bayi sekaligus juga akan cukuplah membuat Anda kecapekan, belum juga ditambah lagi pekerjaan rumah tangga.

C. Pengeluaran Semakin Besar

Buat persiapan cost untuk dua anak sekaligus juga, baik dari dana untuk peralatan bayi sampai pendidikan mereka di hari esok. Untuk mendesak cost, beberapa peralatan seperti baju, mainan, serta sepatu bisa didapat dari kerabat yang tidak memakainya.

Akan tetapi beberapa perlengkapan yang memerlukan standard keselamatan semestinya masih dibeli baru, seperti kursi makan serta kereta bayi (stroller).

4. Merencanakan 2 Paket Aqiqah Sekaligus

Dalam Persiapan Melahirkan Anak Kembar juga perlu ekstra dalam hal aqiqah. Sebenarnya mengaqiqah anak kembar tidak perlu 2-2nya sekaligus. Tapi, jika mereka sudah besar, dan tahu jika salah satunya yang didahulukan bagaimana?

Pasti akan muncul kecemburuan satu sama lain. Ayah Bunda juga tidak perlu khawatir jika memang ingin langsung mengaqiqahi keduanya sekaligus. Karena Aqiqah Sahabat Yatim memiliki banyak pilihan Paket Aqiqah yang terjangkau.

Walaupun dengan harga yang bersahabat. Rasa dari Aqiqah sahabat yatim tdak kalah dari yang lain. Selain itu, pemotongannya juga insyaallah sesuai syariat.

Dengan persiapan yang baik, rintangan yang dihadapi ibu yang hamil dengan bayi kembar bisa diakali, hingga bisa jadi kebahagiaan ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *