pengertian wayang kulit

Pengertian Wayang Kulit Beserta Sejarahnya Uniknya

Pengertian Wayang Kulit – Salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui secara internasional adalah wayang kulit. Seiring dengan penetapan yang dilakukan oleh UNESCO bahwasanya wayang kulit sebagai Masterpiece kebudayaan dunia yang dimiliki oleh Indonesia.

Itulah yang membuat kita bangga terhadap kekayaan budaya di tanah air. Dan pemerintah pun tidak tinggal diam. Pada tanggal 26 Januari 2004 sampai 2 Februari 2004 terus melakukan aktifitas sosialisasi pertunjukan wayang kulit ke berbagai negara di dunia seperti Perancis.

Pengertian Wayang Kulit

pengertian wayang kulit

Anda tentu pernah menyaksikan pertunjukan wayang kulit minimal dari layar televisi.  Wayang kulit termasuk kesenian tradisional yang asal usulnya dari budaya Jawa. Pertunjukan wayang kulit umumnya dilakukan saat momen dan acara tertentu.

Dan yang paling menggembirakan, PBB mengakui wayang kulit sebagai warisan kebudayaan dunia. Sehingga wayang kulit terkenal sekali di dalam negeri dan mancanegara.

Jika anda sedang bepergian atau liburan ke daerah Jawa maka jangan lewatkan untuk menyaksikan aksi wayang kulit. Karena seni pertunjukan wayang kulit sangat menghibur sekaligus mempunyai unsur keindahan yang memukau para penonton serta di dalamnya terkandung beberapa pesan moral yang berguna bagi kehidupan anda.

Pengertian Wayang Kulit Menurut Bahasa

pengertian wayang kulit

Apabila berbicara mengenai pengertian wayang kulit maka ada dua yang bisa dibahas yakni pengertian wayang kulit secara bahasa maupun istilah. Adapun pengertian wayang kulit secara bahasa, para ahli berbeda-beda pendapat. Yang paling menonjol adalah dua pendapat, yaitu :

1. Wayang kulit berasal dari suku kata Ma Hyang yang mengandung arti Tuhan Yang Maha Esa atau dewa dan roh spiritual.

2. Pengertian wayang kulit dalam bahasa Jawa mengandung arti bayangan. Dalam arti, aksi pentas wayang kulit yang ditonton hanya berwujud bayangan dari wayang kulit itu sendiri.

Pengertian Wayang Kulit Secara Istilah

pengertian wayang kulit

Adapun pengertian wayang kulit secara terminologi atau istilah adalah sebuah karya seni dan salah satu kekayaan kebudayaan Indonesia yang berasal dari Jawa yang mengandung unsur seni sangat tinggi.

Wayang kulit termasuk seni kriya yang menggabungkan beberapa karya seni sekaligus seperti seni rupa, seni musik dan seni sastra.

Untuk seni rupa tergambar jelas dari bentuk wayang kulit secara visualisasi yang sangat unik. Kemudian dari seni musik terlukis jelas dari alunan bunyi berirama beberapa alat musik tradisional khas Jawa. Dan dari seni sastra yang indah tampak dari berbagai pupuh yang dilantunkan oleh sang dalang ketika memainkan wayang kulit.

Popularitas Wayang Kulit

Popularitas wayang kulit tidak perlu disangsikan lagi. Kesenian khas Jawa ini bukan hanya terkenal di daerah Jawa dan sekitarnya. Seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tapi juga sudah dikenal secara luas dalam tingkat nasional dan internasional.

Seiring diakuinya wayang kulit sebagai masterpiece warisan budaya dunia oleh UNESCO, popularitas wayang kulit secara internasional meningkat pesat. Seperti di negara Bolivia, Amerika Serikat, Singapura, Thailand, Yunani, Austria, Inggris, Perancis dan negara lainnya di dunia.

Sejarah Wayang Kulit

Mengenai sejarah keberadaan wayang kulit di Indonesia. Para pakar atau ahli berbeda pendapat. Seorang budayawan terkenal bernama Jivan Pani berpendapat bahwasanya asal usul wayang kulit dari Odisha di bagian timur India tepatnya Ravana Chhaya.

Karena di sanalah sebagai daerah yang pertama kali sebagai pusat teater boneka. Kemudian masuk ke Indonesia dan dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa yang membuat terciptanya wayang kulit Indonesia khas Jawa.

Pengaruh agama Budha dan Hindu yang telah ada sejak lama di bumi nusantara turut mewarnai alur cerita wayang kulit yang kebanyakan bercerita tentang kisah Mahabarata atau Ramayana.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian wayang kulit. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *