asal tari jaipong

Asal Tari Jaipong dari Jawa Barat Beserta Gerakannya

Asal Tari Jaipong – Bagi masyarakat sunda di Jawa Barat pastinya sudah tidak asing lagi dengan seni tari Jaipong. Adapun pengertian kesenian Jaipong adalah salah satu jenis tari khas Sunda Jawa Barat yang diciptakan oleh Gugum Gumbira, seorang seniman yang berasal dari kota kembang Bandung.

Kesenian rakyat Ketuk Tilu yang menginspirasi lahirnya seni tari Jaipongan. Beberapa penari jaipong yang terkenal dan cukup handal antara lain : Pepen Dedi Kirniadi, Eli Somali, Yeti Mamat dan Tati Saleh.

Asal Tari Jaipong Dari Provinsi

 

 

asal tari jaipong

Jika dilihat asal muasal seni tari jaipong berasal dari kota kembang Bandung. Sehingga kesenian tradisional Jaipongan merupakan ciri khas kesenian orang Bandung Jawa Barat.

Pada awalnya, seni tari jaipong yang tersohor di masyarakat parahiyangan yaitu Rendeng Bojong dan Daun Pulus Keser Bojong yang termasuk jenis tari berpasangan antara putri dan putra dan tari putri.

Pada pertama kali kehadiran seni tari jaipongan di Indonesia, masyarakat menganggap kesenian tari ini sangat vulgar dan erotis dalam setiap pergerakannya. Sehingga kurang diperhatikan.

Akan tetapi, seiring meningkatnya popularitas tari jaipong di masyarakat tanah air beserta pertunjukan kesenian jaipong yang sering dipentaskan di berbagai even dan kegiatan seperti di acara hajatan, media televisi dan pesta perayaan kelulusan sekolah dan lain sebagainya membuat kesenian tari jaipong ditanggapi secara positif sebagai sebuah seni yang menghibur.

Gerakan Asal Tari Jaipong

Bagi masyarakat Sunda khususnya di Jawa Barat seperti Sumedang, Bandung, Karawang, Purwakarta, Sukabumi dan daerah sekitar parahyangan pastinya tak asing lagi dengan tari Jaipong yang memiliki gerakan unik, lincah dan indah.

Kesenian jaipong seringkali ditampilkan pada berbagai acara resmi yang diselenggarakan pihak individu, swasta dan pemerintah. Misalkan penulis pernah menyaksikan tari jaipong pada sebuah pesta pernikahan di desa penulis.

Popularitas tari jaipong membuat setiap orang khususnya orang sunda mengenal tari jaipong. Namun kesenian tradisional ini mulai tergerus oleh perkembangan jaman yang modern.

Sehingga masih banyak orang terutama kaum milenial yang belum tahu apa itu seni tari Jaipong dari mulai pengertian, gerakan, sejarah, properti yang digunakannya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui secara lengkap semua itu, anda bisa menambah referensi di internet.

Tari Jaipong Merupakan Jenis Tarian

Tari jaipong merupakan jenis tarian tradisional yang jauh dari gaya modern. Sehingga jauh dari kesan modern. Walaupun demikian tari jaipong menjadi salah satu bagian kekayaan budaya Indonesia.Tempat lahirnya  jenis tarian sunda ini adalah di kota kembang Bandung Propinsi Jawa Barat.

Orang yang menciptakan gerakan tari jaipong itu sendiri berbagai macam versi. Ada yang mengatakan tari jaipong diciptakan oleh  seorang seniman sunda asal Bandung bernama Gugum Gumbira. Pendapat kedua, gerakan tari jaipong diciptakan oleh Haji Suanda.

Pada sekolah tingkat SMP, asal tari jaipong menjadi mata pelajaran muatan lokal dan menjadi mata pelajaran ekstrakulikuler. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan lokal.

Untuk memainkan tari jaipong bisa dilakukan oleh wanita maupun pria. Namun umumnya penari jaipong berjenis kelamin perempuan dengan dandanan pakaian khas kebaya.

Pada pertama kali dipentaskan tari jaipong banyak orang yang antusias dan terkagum kagum ketika menontonnya. Gerakannya sangat menarik, unik, menghibur, indah dan menawan disesuaikan dengan ketukan alat musik degung.

Dan tarian tradisional khas sunda ini mendapatkan sambutan baik dari banyak kalangan. Yang membuat asal tari jaipong menjadi populer di masyarakat Jawa Barat. Adapun fungsi tari jaipong cukup banyak, antara lain sebagai media hiburan masyarakat secara luas dan salah satu kesenian andalan dari Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *