alat musik dangdut

ALAT MUSIK DANGDUT | Pengertian | Sejarah | Perkembangan

ALAT MUSIK DANGDUT – Siapa sih yang tidak mengenal musik dangdut? Pastinya setiap orang mengenal musik dangdut. Popularitas musik dangdut tak kalah dengan jenis musik pop di tanah air.

Di berbagai stasiun televisi swasta maupun pemerintah serta di stasiun radio seringkali dipentaskan acara musik dangdut. Seperti di MNCTV yang mengadakan kontes Dangdut Indonesia atau KDI.

Bahkan di tivi swasta Indosiar hampir setiap hari dipentaskan musik dangdut dalam acara Dangdut Pantura, D Academi Dangdut Indonesia, dan D Academi Dangdut Asia. Berdasarkan survei di lapangan, para penggemar musik dangdut di Indonesia tersebar luas di berbagai kota besar hingga pelosok desa yang terpencil.

Kontribusi Alat Musik Dangdut Di Indonesia

alat musik dangdut

Dari dulu hingga sekarang, musik dangdut telah berkontribusi besar dalam melambungkan nama Indonesia sebagai pusat dangdut di dunia. Selain itu, musik dangdut telah mempopulerkan banyak pedangdut tingkat desa hingga ke tingkat nasional atau internasional.

Seperti yang paling fenomenal adalah munculnya nama Rhoma Irama sebagai Raja Dangdut. Beliau dikenal sebagai maestro dangdut kelas dunia. Sehingga mendapatkan berbagai penghargaan dari level nasional hingga internasional dalam kaitan dengan musik dangdut.

Selain itu, maestro musik dangdut berikutnya yang terkenal adalah Meggy Z, Iis Dahlia, Saiful Jamil, Irfan Mansyur, Fitri Carlina, 2 Racun Youbi Sister, Mansyur S, Dayu AG, Kristina, Itje Trisnawati, Vety Vera, dan Leo Waldy.Kemudian ada Ayu Tingting dengan lagu hitnya Sambalado dan Alamat Palsu. Kemudian disusul oleh Sibad atau Siti Badriah dengan lantunan lagu Syantik.

Sejarah Alat Musik Dangdut di Indonesia

sejarah alat musik dangdut

Sejarah keberadaan musik dangdut di Indonesia terbagi ke dalam tiga periode, yaitu :

1. Periode tahun 1950 hingga 1960

Pada periode ini alat musik dangdut masih sederhana sekali. Di tahun ini musik dangdut bukan merupakan tontonan audio visual melainkan berupa audio yang hanya bisa didengar oleh indera pendengaran.

Masa pertama ini dimulainya musik dangdut Indonesia dipengaruhi oleh musik-musik pop dari negeri jiran Malaysia dan India. Penyanyi lagu dangdut yang ternama pada masa ini adalah Munif Bahasuan, Husein Bawafie, dan Ellya Khadam.

2. Periode tahun 1970 hingga 1980

Inilah periode dimulainya musik dangdut menggunakan alat musik elektronik. Seperti organ maupun gitar listrik. Tahun ini merupakan masa keemasan sang raja dangdut Rhoma Irama yang disokong oleh Soneta Band.

Rhoma Irama menyajikan musik dangdut populer yang di dalamnya terkandung kalimat-kalimat dakwah. Yang kemudian disebut sebagai kegiatan penggabungan Nada dan Dakwah. Penyanyi dangdut yang terkenal di era ini selain Rhoma Irama adalah Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Camelia Malik, Muchsin Alatas, dan A Rafiq.

3. Periode tahun 1990 hingga sekarang

Pada tahun ini industrialisasi dan komersialisasi musik dangdut benar-benar dilakukan secara gencar. Berbagai pentas musik dangdut di tayangkan di sejumlah stasiun tv swasta setiap hari. Dan mendapatkan rating yang tinggi.

Begitupula siaran radio banyak yang mengumandangkan musik dangdut yang kian diminati masyarakat Indonesia. Kemudian rekaman musik dangdut berupa kaset serta VCD dan DVD dijual secara luas.

Pada tahun inilah banyak pedangdut yang mempunyai ciri khas atau unik dapat tiba-tiba terkenal berkat goyangan dan lagunya. Misalkan Inul Daratista dengan goyang ngebor, Zaskia Gotik dengan goyang Itik, Dewi Persik dengan goyang gergaji, Ikke Nurjanah, Iis Dahlia, Cici Paramida, Evie Tamala, Ayu Tingting dan Siti Badriah.

Pengertian Alat Musik Dangdut

Pengertian musik dangdut bisa dilihat secara istilah dan bahasa. Adapun pengertian musik dangdut secara harfiah atau bahasa berasal dari kata “dut”. Yang berarti dangdut merupakan jenis musik yang mengeluarkan suara dut dut. Yang biasanya bunyi berasal dari alat musik kendang, rebana, dan ketipung.

Sedangkan berdasarkan istilah musik dangdut adalah musik rakyat yang digemari banyak orang saat ini yang dipengaruhi oleh aliran musik India dan Melayu.

Yang membedakan musik dangdut dengan aliran musik lainnya terletak pada cengkokan dan alat musik yang digunakan. Musik dangdut mempunyai cengkokan yang khas yang mesti dikuasai oleh pelantun lagu dangdut.

Tanpa adanya cengkokan maka musik dangdut terasa hambar dan kurang enak dinikmati. Musik dangdut identik dengan joged. Ketika lagu dangdut dimainkan di pesawat radio atau dipentaskan di layar televsi dan di panggung umumnya para penonton akan ikut bergoyang atau berjoged ria sesuai irama musik dangdut.

Alat musik yang terdengar khas di musik dangdut adalah kendang beserta beberapa instrumen alat musik lain sebagainya. Perpaduan sejumlah alat musik tersebut menghadirkan musik dangdut yang menghentak dan menggoda.

Tak ayal membuat penggemar musik dangdut di Indonesia sangat besar jumlahnya. Dan terus bertambah besar setiap tahunnya. Di mulai dari kalangan rakyat biasa hingga para pejabat.

Alat Musik Dangdut

alat musik dangdut

Lalu apa saja alat-alat musik yang dibutuhkan dalam acara pagelaran musik dangdut? Berikut ini alat-alat musik yang menjadi pengiring dalam musik atau lagu dangdut, antara lain:

1. Kendang

Salah satu alat musik tradisional yang menjadi ciri khas musik dangdut adalah kendang. Instrumen alat musik ini jadi pengiring utama dalam memainkan musik dan lagu dangdut. Cara memainkan kendang sangat mudah yaitu dengan cara dipukul atau ditabuh memakai telapak tangan kosong.

Namun untuk memainkan alat musik kendang yang baik dan benar sebagai pengiring lagu dangdut, seseorang harus menguasai berbagai ketukan dan tabuhan dalam irama musik dangdut.

2. Seruling

Dalam pentas musik dangdut pastinya sobat akan menemukan pemain seruling bambu. Seruling yang terbuat dari bambu merupakan salah satu alat musik tradisional yang masuk dalam genre musik dangdut.

Harga seruling yang cukup terjangkau bagi semua kalangan membuat alat musik tiup ini sering dimainkan banyak orang dalam sebuah lagu atau musik.

Musik dangdut rasanya belum lengkap tanpa instrumen yang satu ini. Bunyi seruling sangat khas membuat musik dangdut semakin syahdu, merdu dan makin asyik berjoged.

3. Gitar

Anda tentu mengenal dengan alat musik modern ini. Gitar menjadi alat musik dangdut berikutnya yang paling tersohor. Salah satu pedangdut yang sering menggunakan guitar pada saat bernyanyi adalah Haji Rhoma Irama.

Yang dikenal sebagai Ksatria Bergitar bersama Grup Musik Dangdut yang dibentuknya bernama Soneta Band. Untuk memainkan alat musik gitar dengan cara dipetik. Dalam setiap pertunjukan musik dangdut pastinya sobat akan menemukan alat musik ini.

4. Organ

Alat musik berikutnya yang menjadi pengiring musik dan lagu dangdut adalah organ yang bersifat elektrik. Bunyi organ yang dihasilkan dari mesin ini mempunyai kesan nada yang sendu, melow dan syahdu. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan layaknya piano dan keyboard ini seringkali dijadikan intro atau instrumen pembuka pada suatu lagu dangdut dan penutup lagu musik dangdut.

5. Tamborin

Alat musik ini mengeluarkan bunyi gemerincing yang bersumber dari piringan-piringan besi ukuran kecil yang dipasang di sisi-sisi tamborin. Instrumen musik ini menjadi alat musik khas dangdut. Untuk memainkan tamborin caranya gampang sekali yakni ditabuh atau digoyang menggunakan tangan.

6. Terompet

Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.

7.Piano

Sebuah alat musik pengiring lagu dangdut yang dimainkan dengan cara ditekan sama seperti organ.

8.Harmonika

Alat musik dangdut dengan cara ditiup.

9.Drumband

Sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul.

Kesimpulan

Demikianlah pengertian, sejarah musik dangdut dan alat-alat musik dangdut yang perlu sobat ketahui. Seiring dengan perkembangan jaman, musik dangdut dapat dikombinasikan dengan berbagai aliran musik lainnya. Sehingga melahirkan musik dangdut terbaru.

Contohnya dari musik dangdut dicampurkan dengan jenis musik pop melahirkan pop dangdut (popdut), rock dangdut (rockdut), dangdut koplo, dangdut reggae dan lain sebagainya. Bagaimana anda tertarik memainkan musik dangdut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *